Subscribe:

Pages

Kamis, 09 April 2015

Siklus Hidup Si KPOP fans (KPOPers)


Artikel yang saya buat ini mungkin tidak mewakili seratus persen sama dengan yang dialami fans kpop lainnya, ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya beserta temen-temen sepergumbulan pecinta kpop yang sudah malang melintang di dunia perkpop #yaelah sok expert banget. Yah, yang penting yang mau baca ya monggo, yang tidak mau ya ndak papa. So take it easy...

1. Fans Idol grup ngetop

Pertama kali kenal yang namanya kpop pasti dari salah satu group idol yang ngetop banget pada zamannya. Misalnya nih pada 2nd generation fans kpop kebanyakan bermula dari fansnya DBSK atau Suju sampai menjalar ke era sekarang yang kebanyakan (mungkin) fans baru kpop adalah fans EXO yang notabene lagi ng-hits.Pada tahap pertama ini fans kpop masih dalam kegiatan ndengerin lagu-lagu hits dari idolnya dan mengoleksi Music Video serta mulai untuk menghafal satu per satu member apalagi grup yang punya membernya bejibun. Belum lagi yang mukanya agak mirip-mirip gitu gak tau cetakan mana..hehe. 

kpop ocean


Adapun untuk non-fans kpop yang hanya fans actor/aktris korea maupun pecinta drama korea mulai mengenal kpop karena salah satu anggota kpop grup main drama dan menarik perhatian si pecinta drama yang selanjutnya membuat mereka kepo dan keterusan. Kalo saya sih tahu kpop pertama kali memang dari drama korea karena  penyanyi kpop banyak yang ngisi OST drama, tapi pada saat itu masi jarang banget idol yang main drama. Pada saat saya tahu kpop masi belum nge-stan siapa-siapa cuma sekedar tahu nama grup yang terkenal seperti DBSK, SS501, SUJU, BIG BANG, SHINWA, dll #berasa tua banget. 

2. Koleksi semua live perform, variety show, CD Album dan konser.

Setelah memasuki dunia pengenalan grup bias (kesukaan) dari fans kpop, mereka pasti nentuin bias mereka. Pada umumnya grup kpop punya yang namanya visual alias yang paling kece diantara member lainnya. Visual ini biasanya juga disebut Stan attractor (penarik fans) yang membuat fans baru berseri-seri ketika melihat muka nan tampan ganteng ayu rupawan.Gak masalah suara enak ato nggak, yang penting ganteng atau cantik dan unyu-unyu.


Setelah dipilih-dipilih si bias (kayak jualan aja), si fans kpop langsung penasaran dengan profil dan segala sesuatu tentang doi #ceilee doii. Lalu mereka pasti bertanya-tanya sifatnya kayak gimana sih nih orang. Dari sini lah mereka mulai meng-gooling dan menyutuber mencari dimana-dimana kah variety show mas gantengku...Buat yang inet nya kenceng mereka bakal mendownload semua video HD 1080 dan adapula yang saking menggila dengan idolnya, mereka mengoleksi video 'monster' alias super HD sampe-sampe jerawat si idolnya pun kelihatan. Untuk para fans yang tajir alias duitnya banyak, mereka akan membeli CD dan DVD yang dirilis oleh artis kesayangannya tidak luput pula semua accersorie original seperti lightstick, Hoodie, poster, kalendar dan semacamnya. Mereka pun rela datang ke concert idolanya meskipun dengan harga belum tentu terjangkau. Dari fans yang seperti ini lah para manajemen artis bisa membuat perusahaannya kaya dan itu sah karena entertainment juga bisnis

3. Cari grup baru buat nge-stan 

Dengan bejibunnya variety show yang sudah dilihat, si kpop fans pasti sudah mulai mengenali grup grup lain selain grup stannya. Mulai dari sini mulai tahap fans kpop yang ke tiga. Dimulai dengan iseng-iseng nonton variety show idol2 korea, jadi tahu beberpa artis lainnya yang cukup lucu, unik dan menhibur. Si fans kpop yang sifatnya kepo pasti langsung menelusuri jejak si Orang ini, asalnya mana, grup nya apa dan sebagainya. 

Setelah itu mulai kembali ke siklus yang pertama dengan idol baru dan mulai agak melupakan idola awal mereka. Kebanyakan fans kpop yang berpindah fanbase/fandom bisa dikarenakan beberapa hal antara lain : 1. Bosen dengan genre lagu idol yang sekarang. 2. Kecewa dengan lagu yang dirilis karena temanya gitu-gitu aja 3. Menemukan sang idaman lain yang lebih muda apalagi seumuran nan rupawan dan kalau ngedance oke banget energic pokoknya live performance nya keren pake banget. 4. Mengisi waktu luang selagi bias idol nya ga comeback2 sampai bertahun-tahun dan akhirnya terlupakan.

4. Jadi fans multifandom


Setelah proses sangat mengenal artis-artis kpop yang bejibun orangnya dan hafal satu per satu para member grup dan tak jarang hafal pula grup pendatang baru, si kpop fans ini mulai menjadi penikmat musik kpop general alias multifandom. Mereka gak ngestan 1 grup saja, beberapa grup baik grup cewek ato cowok, tua maupun muda, ngetop ataupun ga ngetop. Dan sebenarnya fans multifandom juga bisa diartikan dengan gak ngefans sama sekali, mereka hanya sebagai kpopers general yang kalau ada lagu baru mau grupnya siapa kek, kalau mereka suka musiknya, mereka bakal memuji dan memberikan review yang positif ataupun sebaliknya. Salah satu yang kentara dengan fans multifandom ini adalah mereka lebih selektif memilih lagu dan gak asal nerima aja tidak seperti fans 1 fandom aja yang terima apa adanya semua lagu biasnya.

Fans multifandom ini sudah sangat hapal dengan berita terbaru terupdate dan terkini, bahkan mereka udah kayak wartawan di twitter. Ikutan komen dan share dengan rilis lagu terbaru ataupun scandal perkpopan terbaru. Gak jarang mereka ada yang sampai hafal setiap scandal dari grup-grup kpop. Dan mereka yang sudah lama tahu dunia perkpop-an sampai mengetahui sisi-lain dari kpop tapi masih banyak yang masi suka di industri ini termasuk saya. TvT

5. Nyari lagu-lagu dari penyanyi indie, grup band atau solo

Kalau tahap ini, menurutku masi jarang ditemui tapi ada beberapa yang eksis juga. Mereka ada yang sudah bosan dengan genre kpop tapi masi ingin mendengarkan lagu korea dengan nuans lain. Para fans di sini mencari penyanyi indie atau dari jenis lain seperti hiphop, rock, RnB dll yang selain kpop yang notabene penyanyinya masi jarang terjamah oleh fans Internasional. 

Dari ke 5 siklus dan tahapan yang saya bahas, tidak semuanya sama dengan yang dialami para kpopers. Ada yang mereka dari awal mengenal kpop hingga sekarang tetap setia dengan satu fandom atau ada pula yang melewati tahapan tersebut tapi hanya stag di tahap multifandom.




Demikian some of my opinion...
See U...Bye bye...  ^.^



4 komentar:

  1. hahaha bagus2 trid.. tp ak ga sampe multifandom hihi

    BalasHapus
  2. aku abis multifandom, melebarkan sayap ke girl groups. bwahahahaha

    BalasHapus
  3. Hahahaiii mulai sekarang kita bs bergaya dan belajar bahasa korea loh di K-MARU.COM

    cek aja Kmaru T-shirt buat para pencinta K-POP di Indonesia


    https://www.tokopedia.com/haci-orons-shop/k-maru-t-shirt-korean-single-couple

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus