Subscribe:

Pages

Sabtu, 24 Desember 2016

IMO : WEIGHTLIFTING FAIRY KIM BOK JOO


Title: Weightlifting Fairy Kim Bok Joo
Genre: Romance, Comedy, Sport
Episodes: 16
Broadcast network: MBC
Broadcast period: 2016-Nov-16 to 2017-Jan-05
Air time: Wednesday & Thursday 22:00
(source : koreandrama.org)

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (WFKBJ), drama satu ini membuat tangan ini gatal pingin nulis review. Meskipun rating rendah karena WFKBK tayang bersamaan dengan Legend Of the Blue Sea, drama ini tergolong underrate dan sangat recommended untuk ditonton, dengan cerita yang ringan, cute, manusiawi, dan tidak klise. Mengapa saya bilang begitu? nanti akan saya review paragraf selanjutnya. Kali ini akan saya akan berikan sinopsis dari WFKBK 

SINOPSIS :
WFKBJ merupakan drama menceritakan tentang kehidupan percintaan, persahabatan dan impian. Karakter utama dalam drama ini bernama Kim Bok Joo, seorang atlet angkat besi yang menjalani kehidupan remaja nya di asrama Universitas Haneul bersama kedua temannya Nan Hee dan Seon Ok. Berada di Departemen renang, terdapat Jung Joon Hyung yang ternyata teman masa kecil dari Kim Bok Joo. Mereka tidak sengaja bertemu lagi dan sejak saat itu pertemanan mereka berlanjut hingga Bok Joo menemukan cinta pertamanya yang ternyata adalah Jae Yi, Kakak dari Joon Hyung.


REVIEW :
Jika dibaca dari sinopsis yang saya buat, memang sepertinya tidak menarik dan terdengar cerita percintaan biasa. Namun siapa sangka dengan cerita yang simpel ini dapat membuat penikmat drama ini menjadi senyum-senyum sendiri dan merasa gemas dengan semua karakter dan plot dari WFKBJ. Yang akan saya review pertama kali adalah dari segi karakter. Bisa saya bilang semua karakter dalam
drama ini menarik, Tidak satupun yang saya benci bahkan peran antagonis pun seperti Si Hoo. Semua karakter memiliki concern masing-masing yang lumrah dan ditemui di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu saya bilang drama ini juga "relatable" di kehidupan nyata.  
Kim Bok Joo yang digambarkan sebagai pemeran utama yang "tidak seperti biasanya" dengan tubuh kuat, jika berbicara dengan lantang, tidak menye-menye yang pastinya tetapi tetap cute dan menggemaskan. Bok Joo memang tidak digambarkan dengan figure yang cantik tetapi dengan karakter dia sekarang telah mampu menunjukkan bahwa inner beauty sangat berpengaruh bagi seorang wanita ditambah seorang Joon Hyung yang menyukai Bok Joo apa adanya tidak melihat dari sosok luarnya namun tertarik dengan kepribadiannya. Hal itu digambarkan pada sikap dan kata-kata Joon Hyung tiap kali dia bersama Bok Joo.

Jung Joon Hyung, pemeran utama pria, teman masa kecil Bok Joo dan mengakui kalau Bok Joo adalah cinta pertamanya semasa SD. Joon Hyung merupakan karakter yang sangat bersemangat, jahil tapi perhatian (eeaa). Sangat suka menjahili Bok Joo tapi tidak dengan niatan buruk, hanya karena menjahili Bok Joo membuatnya senang dan puas. Sudah menjadi kebiasaan Bok Joo menjadi target usilnya dengan mengata-ngatai "Chub"/"chabi"/"endut". Joon Hyung selalu ada disaat Bok Joo susah, menyemangati Bok Joo, dan menyukai Bok Joo yang seorang lifter yang gagah. Joon Hyung juga bukan tipe pemeran utama seperti "biasa"yang cool, jaim, dan perfect. Joon Hyung punya kekurangan tapi kekurangannya malahan membuat Joon Hyung merupakan karakter yang perfect menurut saya. Joon Hyung mempunyai trauma keluarga yang membuatnya selalu gagal start dalam pertandingan renang. Selama hidupnya Joon Hyung sangat berterima kasih kepada keluarga Jae Yi yang menyayanginya namun dalam hati kecilnya dia ingin menemui ibu kandunganya.

Orang-orang di sekitar Bok Joo seperti sahabat Bok Joo, ayah dan paman Bok Joo, pelatih dan teman-teman lifter bahkan Jae Yi sangat penting dalam perkembangan karakter Bok Joo seorang perempuan remaja yang ingin meraih cita dan cinta.

Selanjutnya dari segi cerita/plot, drama ini tipe drama fresh dan ringan. Drama dengan tidak banyak adegan mendramatisir dan tidak ada sosok karakter drama queen. Konflik makjang, tarik ulur romance, serious bullying, karakter cowok plin plan dengan cintanya tidak ditemukan dalam drama ini. Pertengkaran atau permusuhan terjadi tapi tidak sampai bullying. Justru konflik yang ditekankan adalah masalah depresi dan trauma. Beberapa alasan saya untuk mempromosikan / merekomendasikan drama sebagai happy pills yang untuk ditonton saat stress :

1. Realistis dan dialog yang diucapkan sangat dekat dengan realita

Dialog Bok Joo yang satu ini sangat realistis hingga kata-kata nya mengena buat para jombloers. Kalian yang jomblo pasti bisa merasakan apa yang Bok Joo rasakan.
yang satu ini juga pasti bisa dirasakan buat para penggemar drama ataupun kpopers yang punya bias bejibun. 

2. Semua karakter "likeable"

Joon Hyung sebagai Male Lead dari awal karakter dia sangat mengagumkan. Awalnya sempat terpikir dia akan terjebak dengan cinta masa lalu dan plin plan antara Si Hoo atau Bok Joo. Tapi Joon Hyung dengan tegas membuat batas dengan Si Hoo bahwa dia hanya seorang mantan.
  
Sifat yang cheerful dan Usil malah menjadi pesona dari Jonn Hyung terlebih lagi jika dia bersama dengan Bok Joo, adegan comedi mereka berdua tidak pernah gagal buat saya senyum bahagia. Joon Hyung dengan konstan memburu Bok Joo secara sengaja atau tidak sengaja. Wajah nya berubah bahagia tiap kali bertemu dengan Bok Joo. Di babak pertengahan drama ini Joon Hyung juga telah membuktikan bahwa dia merupakan teman yang sangat diandalkan dalam keadaan susah. Terbukti Joon Hyung banyak membantu Bok Joo keluar dari depresi dengan rela melakukan hal konyol untuk menghibur Bok Joo.

Kesedihan Bok Joo adalah Kebahagiaan Joon Hyung >.<
Bok Joo dengan sifat apa adanya, feminim dengan cara nya sendiri, kuat, tahan banting, dan polos. Bok Joo merupakan sahabat yang bisa diandalkan, serta gerak-gerik dan ucapan yang tidak sama sekali menunjukkan "kefeminiman" seorang wanita tetapi dengan anehnya, saya bisa merasakan inner beauty yang terpancar dalam Bok Joo. Sifatnya yang polos merupakan faktor utama untuk membuat adegan comedy seperti penyataan cinta nya kepada Jae Yi dengan menanyakan "Do You Like Messi?" :D :D
Karakter pendamping semuanya likeable. Si Hoo yang peran antagonis pun tidak membutuhkan waktu lama untuk berubah. Jae Yi yang clueless. Ah Young yang blak-blakan. Seon Ok yang tomboy. Nan Hee yang imut dan menggemaskan. Tae Kwon yang loyal. Ayah Bok Joo yang penyayang. Paman Bok Joo yang jenaka. Pelatih klub angkat besi yang  rela berkorban. Dan tambahan cameo yang membuat drama ini lebih menarik. 
trio SWAG


3. Adegan klise

Banyak adegan dalam WFKBJ tidak klise dan kebanyakan memang untuk tujuan komedi. Saya merasa berkali-kali dibodohi oleh penulis. 
1. Saat Joon Hyung menarik Bok Joo karena hampir tertabrak mobil, saya kira akan di lindungi kemudian dipeluk namun kenyataan malah Bok Joo dijadikan tameng untuk menghindari cipratan genangan air.

2. Saat Bok Joo mabuk dan tidak sadarkan diri, Joon Hyung membawa nya keluar kedai dan duduk di pinggir jalan. Bok Joo merasa kedinginan dan biasanya pemeran cowok akan memberikan jaketnya untuk menutupi tutbuh pemeran cewek tapi Joon Hyung malah mencarikan secarik koran sebagai gantinya (kekeekeke). Menurut saya ini sangat realistis karena memang cuaca sangat dingin sangat tidak memungkinkan untuk melepas jaket. Plus tambahan adegan saat Joon Hyung menatap Bok Joo dan dari kejauhan terlihat Joon Hyung akan mencium Bok Joo namun pada kenyataannya Joon Hyung malah tertidur bahkan sempat kaget ketika bangun langsung melihat muka Bok Joo. Dan masi banyak adegan konyol lainnya.

4. Konflik simple dan mengena

Masalah yang dihadirkan dalam drama ini sangat dekat dengan masalah remaja di kehidupan sosial saat ini. Dimana seorang remaja yang sekaligus atlet olah raga pasti pernah dalam hidupnya mengalami masa-masa sulit yang menjadikan depresi atau stress yang sangat jelas digambarkan oleh Bok Joo saat kesedihan datang bertubi-tubi karena cinta pertamanya yang gagal sampai pelatih panutannya dikeluarkan dari universitas. Permasalahan tersebut sampai membuat Bok Joo menyerah dan membenci angkat besi dan tidak bersemangat melakukan aktifitas apapun. Selain itu Joon Hyung dengan masalah traumanya dan Si Hoo dengan masalah keluarganya, tiap karakter memiliki background permasalahan masing-masing untuk bagaimana menjelaskan development karakter dari seorang remaja dengan kondidi labil dan penuh emosi bisa menghadapi permasalahan dan berkembang menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa.

5. Sangat cocok ditonton untuk kalian yang saat ini menjalani transisi antara remaja dan dewasa


Saat transisi remaja ke dewasa yang lebih tepatnya saat perkuliahaan, merupakan keadaan dimana individu mulai menghadapi berbagai emosi yang muncul dari lingkungan sekitar seperti cinta, persahabatan, permasalahan hidup, dan cita-cita, WFKBJ sangat relevan dengan masa-masa tersebut. Jadi kalian yang saat ini sedang mengalami masa transisi drama ini sangat cocok untuk ditonton sebagai relaksasi diri dari permasalahan kehidupan nyata dan sangat bisa dijadikan mood booster. Buat kalian yang sudah melewati masa-masa kuliah juga jangan sampai melewatkan drama underrate satu ini sekedar untuk mengingat masa bahagia sewaktu menjadi mahasiswa.    

Kesimpulan :

"Kesan selama drama WFKBJ ini merupakan drama romcom dan teenager favorit saya tahun ini. Drama ini adalah happy pills dan mood booster di tengah-tengah kesibukan sehari-hari dengan status jomblo ahahhahaha"


Bonus Kumpulan Cute foto





source :

(1) (2) (3) (4) (5) 

0 komentar:

Posting Komentar