Subscribe:

Pages

Kamis, 31 Desember 2015

Kegalauan Umur 23 Tahun

Post di tahun baru ini saya dedikasikan untuk diri saya yang sudah berumur 23 tahun dan masih sering galau...

1. Lebih tua dari kebanyakan artis
Shock saat tahu profil artis pendatang baru dengan umur yang jauh lebih muda, pasti teringiang umur sendiri...



2. Antara dewasa dan Remaja
Umur 20 an sampai 23 tahun bisa dibilang transisi menuju kehidupan yang lebih dewasa, jika orang-orang menyebut umur 17 tahun adalah labil-labil nya anak muda, umur 23 adalah labilnya anak remaja yang beranjak dewasa.Jika bertemu dengan teman sekolah atau kuliahan, pasti dipandang sudah senior sekali oleh junior atau adik-adik kelas. Tampang sudah menua dan dandanan dewasa terlihat berwibawa. Tapi, saat umur ini masuk dunia kerja, teman kerja akan bilang "arek-arek cilik" (anak kecil), diperlakukan seperti anak mahasiswa yang baru masuk kuliahan. 



3. Mulai berpikir tujuan hidup
Umur ini sangat krusial dalam menentukan tujuan hidup. Meskipun banyak anak yang sudah punya tujuan hidup sejak remaja,tetapi tidak sedikit yang kebingungan arah hidup setelah lulus perguruan tinggi, apalagi bagi anak yang hidupnya tidak sesuai dengan ekspektasi masa kecil. Pikiran masa depan buram. Memilih antara berkarir, melanjutkan sekolah, atau langsung berumah tangga.


4. Mulai menyadari untuk bersikap dewasa
Karena sadar akan umur yang semakin menua, akan sadar diri pula dengan perilaku. Jika melihat tingkah laku anak-anak yang lebih muda, pasti berkata "memang anak-anak jaman sekarang", "anak jaman sekarang tidak seperti jaman dulu". Mencoba tidak bersikap kekanak-kanakan, dan berlagak dewasa di depan para junior dan adik-adik agar bisa menjadi tauladan.


5. Menyadari kerasnya hidup
Jika yang sudah bekerja pada umur ini kebanyakan orang selalu berpikir "ternyata kerja itu susah tidak seperti sekolah". Jika yang belum dapat kerja pada umur ini kebanyakan orang selalu berpikir "susahnya cari kerja jaman sekarang" Jika yang melanjutkan sekolah atau yang belum lulus pada umur ini, akan ada yang berpikir teman-teman ku sudah bekerja sedangkan aku masih terjebak dengan buku, dosen, dan ujian". Namun pada bagian ini tergantung pemikiran individu masing-masing, jika mereka menikmati belajar, mereka akan dengan senang hati melakukan studi bahkan hingga jenjang studi tertinggi. 


6. Bingung Jodoh 
Kalau yang ini, berlaku untuk orang-orang umur 23 yang menjomblo. Mereka akan mulai berpikir untuk mencari seseorang yang serius dalam menjalin hubungan, bukan lagi untuk main-main. Namun apa daya mencari pasangan juga sama susahnya dengan cari pekerjaan. 


7. Menyadari hidup di umur sekarang tidak sesuai ekspektasi saat kecil
Saat SD, pasti akan ada pertanyaan mengenai cita-cita. Jika muncul pertanyaan cita-cita akan dengan
mudahnya dijawab dan seiring berjalannya waktu hingga remaja pertanyaan ini menjadi dengan susahnya dijawab. Karena kehidupan masa depan yang tidak sesuai ekspektasi dan bayangan waktu kecil. Yang ingin jadi dokter tapi tidak lolos ujian masuk kuliah kedokteran, yang ingin jadi insinyur, tapi kuliah tidak lulus2, dan ternyata mendapatkan pekerjaan yang melenceng jauh dari gelar dan masih banyak lagi, yang ingin berumah tangga, apadaya jodoh nya belum ada...dan masih banyak lagi.  


8. Banyak kondangan, atau malah selametan anak teman
Usia menikah Indonesia memang tergolong muda. Berdasarkan badan KB Usia idel wanita 21 tahun, laki-laki 25 tahun. Sehingga banyak teman-teman yang sudah meluncurkan undangan menikah, dan apadaya bagi yang masih jomblo pasti datang undanga barenga dengan teman-teman jomblo lainnya, sedangkan yang sudah ada pasangan pasti datang bercouple dan akan ditanya "Kapan menyusul??".



9. Memilah-milah pendapat orang
Semakin berumur semakin dewasa pula pemikiran. Banyak omongan masuk dari segala arah dan pasti akan banyak masukan dengan pendapat yang berbeda. Tidak seperti waktu anak-anak yang akan percaya omongan oraang meskipun itu takhayul sekalipun, pada umur beranjak dewasa, mulai tidak akan mudah percaya dengan omongan orang dan memilih omongan mana yang benar dan masuk akal.


10. Tidak semua masalah bisa diceritakan
Karena semakin bertambahnya umur akan semakin bertambahnya masalah hidup yang lebih kompleks. Sehingga banyak sekali curahan hati yang ingin di sampaikan kepada teman terdekat ataupun keluarga. Namun pada umur ini, akan menyadari bahwa kita mencurahkan hati harus sesuai dengan tempatnya dan sesuai dengan orang yang mendengarkan. Karena tidak ingin orang lain khawatir akan masalah pribadi


11. Akan sangat jarang bertemu teman
Meskipun ada yang namanya teman kerja, tapi mereka tidak sedekat yang orang kira. dan tidak seakrab teman senasib saat sekolah masa lalu. Teman teman seperjuangan di sekolah atau di kuliahan akan sangat jarang bisa ditemui karena telah meilih jalan hidup masing masing. Apabila ingin berkumpul pun harus menjadwalkan sejauh mungkin. Kegiatan sehari-hari tidak sama lagi. Untuk orang yang sudah bekerja, waktu liburan untuk keluarga adalah prioritas, meskipun ingin berkumpul dengan teman, even tersebut akan di nomor duakan jika ada even keluarga. 




12. Sensitif dengan beberapa pertanyaan
Hal ini yang paling dicemasi oleh orang orang berumur 23 tahun. Tiap ada pertemuan dengan keluarga pasti akan selalu ada pertanyaan sensitif "Sudah punya pacar??", "Kapan menikah??". Sehingga membuat malas mendatangi acara kumpul-kumpul. Ditanya sekali dua kali, masih biasa saja, tapi kalau ditanya tiap kali ketemu orang lebih tua dan teman yang sudah menikah,lama-lama akan merasa jengkel. Pertanyaan tersebut sepadan dengan pertanyaan Bos yang selalu mengejar target.


All Illustration's source :
http://pa1.narvii.com/5852/fb89957865b50f2be4924cee1d5b357af1e2d2ac_hq.gif
http://40.media.tumblr.com/7738aea8150645a7c738a3c1c5146770/tumblr_inline_nzhr1ajue91tjy2dy_500.jpg 
http://s3.india.com/wp-content/uploads/2015/08/friendship-day.jpg
http://www.law.msu.edu/assets/img/portals/marriage.p.jpg
http://sunsetbeachncandbeyond.com/image_store/uploads/4/8/4/0/8/ar129453352980484.jpg
http://tariqmcom.com/wp-content/uploads/2013/03/Life-is-Hard.jpg
http://images.kpopstarz.com/data/images/full/391462/yook-sungjae-joy.jpg?w=600
http://files.explosm.net/comics/Rob/opinion.png
http://wishesmessages.com/wp-content/uploads/2014/01/Funny-graduation-quote-about-getting-job-after-college-640x480.jpg

6 komentar:

  1. Hhehehe nyindir banget artikelnya.

    BalasHapus
  2. Yang nomor 12 iya banget,
    Apalagi nomor 3 , sebagai perempuan butuh kekuatan ekstra lhoh kalo gak milih langsung rumah tangga aja.
    Tapi kayaknya poin2 diatas yg merasakan kebanyakan adalah yg belum menemukan partner hidup. Kalo sudah nemu, rasanya semua jadi terang benderang hehe

    BalasHapus
  3. Penulisnya berari sudah umur 26 kurang lebih ya... thanks telah menuliskan ini.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus