Subscribe:

Pages

Minggu, 31 Agustus 2014

20 Makanan Terenak Di Dunia

20. Pho (Vietnam)

masakan mie sapi dari Vietnam. Makanan ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan hingga ke kota Ho Chi Minh. Terbuat dari tepung beras, Setelah mi dan tauge diletakkan di dalam mangkuk, di atasnya diletakkan irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi (mentah atau matang sesuai selera). Bila irisan daging sapi mentah yang digunakan, siraman kuah panas membuat irisan daging menjadi matang. Sebelum dihidangkan, di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap.

19. Green Curry (Thailand)

 Rasa campuran manis dan pedas yang terbuat dari campuran ikan tradisional Thailand atau bakso ikan, santan, green curry paste, gula palm, saus ikan, terong thailand, dan masih banyak lagi bahan dan bumbu penyedap yang ditambahkan. Makanan ini biasanya dimakan bersama nasi atau bisa juga dimakan bersama dengan roti seperti di India.




 

18. Croissant (Prancis)

Croissant atau bisa disebut roti bulan sabit adalah sejenis kue kering. Dinamakan demikian karena bentuknya menyerupai bulan sabit. Menurut legenda, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours. Di Perancis, roti sabit umumnya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan. Hmm, dari bentuknya sih kayak pisang molen atau kue cum-cum, mungkin saja rasanya juga gak jauh beda.

 

17. Gelato (Italy)

Gelato merupakan bahasa italia dari es krim. Gelato dibuat dari campran susu , krim, gula, dan toping buah-buahan atau kacang.Gelato lebih rendah lemak dibandingkan dengan es krim. Es krim mengandung lemak susu 10%-15% sedangkan Gelato mengandung kirakira 4%-8% lemak susu.


 

 

16. Kebab (Turki) 

 Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Daging yang bisanya dipakai adalah daging sapi, domba, kambing, dan ayam. Adapun daging babi dipakai membuat kebab  di daerah Azerbaijan, Bulgaria, Yunani, dan India.




15. Es Krim (Amerika Serikat)

Siapa yang tak tahu dengan es krim. Makanan yang bisanya dipakai sebagai makanan penutup atau sekedar camilan ini sangat mendunia dan banyak sekali ditemui di Indonesia. Es Krim dibuat dari produk susu atau krim ditambah denga  gula atau pemanis dan perasa. Campuran ini didiginkan hingga berbentuk kristal es.







14. Sate (Indonesia)

adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang biasa digunakan adalah sapi, ayam dan kambing. Sedangkan bumbu yang populer yakni bumbu kacang yang dicampur kecap manis, potongan bawang merah, dan cabe rawit. Sate biasa dimakan dengan menggunakan lontong atau nasi.

13. Chiken Rice (Singapura)

Nasi ayam hainan ini masakan tionghoa yang dikaikan dengan masakan Singapura atau Malaysia. Nama Hainan diambil dari Salah satu suku di Tiongkok yaitu suku Hainan di kawasan Nanyang. Daging ayam direbus untuk mendapatkan kaldu.Sajian ini sering dihidangkan beserta saus dan bumbu, termasuk saus cabai dan serbuk jahe dan tambahan irisan timun.


12. Kimchi (Korea)

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabe merah. Sayuran yang biasa dipakai adalah sawi putih dan lobak. Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan dan juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi dan berbagai masakan lain.


11. Lasagna (Italy)

Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang.

10. Massaman Curry (Thailand)

Massaman merupakan nama dari Muslim di pesisir Malay. Awal dari makanan ini dibawa oleh pedagang Persia pada abad ke 16 di Central Thailand. Makanan ini biasa dibuat oleh Muslim Thailand. Isi utama Kari ini biasanya daging sapi namun bisa juga menggunakan bebek, ayam atau tahu. Bumbu dari kare ini disebut pasta Kari Massamun. Isi tambahan dari Kari ini antara lain santan, kacang tanah atau kacang mende, kentang, bawang, Daun salam, kapulaga, gula palm, saus ikan, cabe, dan saus tamarin.

9. Bebek Peking (China)

makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing. Bebek tadi disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus yang akan menentukan wangi atau tidak bebek yang dipanggang tadi.



8. Ramen (Jepang)

Ramen adalah masakan mie kuah di Jepang yang bersal dari China. Setiap daerah di Jepang mempunyai ciri khas masing-masing dalam menyajikan ramen. Seperti darah Kanto yang ramen disajikan dengan ditambah kecap asin dan di atas mie ditambah chasiu, bayam, telur rebus, menma, dan irisan daun bawang. Berbeda di daerah Hokkaido yang ramen cenderung Rasa kuah tidak begitu tajam, mi kecil dan halus-halus atau berbentuk keriting.




7. Dim Sum (Hongkong)

Diambil dari istilah bahasa Kanto yang berarti makanan kecil. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Di Indonesia kebanyakan dim sum dimakan dengan ditambahkan saus cabe atau tomat dan mayones.





6. Som Tam (Thailand)

Som Tam atau salad pepaya hijau dibuat dari buah pepaya, buncis, cabe, kepiting, dan air jeruk limau. Makanan ini memiliki 5 rasa yakni asam dari limau, pedas dari cabe, asin, gurih dari saus ikan, dan manis dari gula palm. Som Tam tidak hanya di Thailand namun dapat juga ditemui di Laos yang disebut Som Tam Lao.





5. Pad Thai (Thailand)

Mie goreng dari Thailand yang ditambahkan dengan beberapa bahan seperti telur, tahu, irisan tamarin, saus ikan, udang, bawang putih, bawang merah, bubuk cabe merah, gula, lemon, dan kacang tanah. Makanan ini banyak dijumpai di jalanan thailand. Sebelumnya makanan ini dugunakan pemerintah thailand sebagai makanan pengganti nasi untuk mengurangi konsumsi beras di Thailand.





4. Tom Yam (Thailand)

Masakan terkenal dari Thailand yang dibuat dengan isi udang, ayam, ikan, dan ikan laut lainnya yang dicampur dengan jamur. Rasa dari masakan ini pedas, asam, dan gurih. Tom Yam sering dijadikan sup makanan di daerah tetangga lainnya seperti Malaysia, Kamboja, Singapura, dan saat ini mulai dikenal di Indonesia.







3. Sushi (Jepang)

Makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging , sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Sushi sangat dikenal di dunia dan banyak orang membuat hidangan ini dengan dibentuk dan dihias agar tampak lebih menarik.




2. Nasi Goreng (Indonesia)

Sebagai orang Indonesia pasti sudah pernah makan nasi goreng. Nasi goreng merupakan nasi putih yang digoreng dengan ditambahkan daging ayam, telur, kecap manis dan/atau saus dan kerupuk, dengan bumbu bawang merah dan bawang putih yang ditumis dengan minyak goreng. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

1.  Rendang (Indonesia)

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang banyak ditemukan di Rumah Makan Padang di Seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.


Comment : Bangga banget sama nenek moyang kita yang menciptakan masakan Indonesia hingga dikenal oleh masyarakat dunia. Pingin nyobain satu-satu makanan di atas. Hmmm jadi ngiler deh.


Sumber :travel.cnn.com ; wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar