Subscribe:

Pages

Minggu, 22 Mei 2016

At Parade Budaya & Pawai Bunga Kota Surabaya 2016



Surabaya, 22 November 2016, telah diadakan beberapa festival tahunan kota dalam memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke 723, salah satunya adalah Parade Budaya dan Pawai Bunga yang dilaksanakan dari start awal Tugu Pahlawan hingga finish di Balai kota Surabaya. Dimulai pukul 8 pagi, saya berniat berangkat jam setengah 7 agar dapat tempat parkir di Balai Pemuda sebelum semua akses jalan ditutup. Saat itu saya bersama dengan saudara dan teman. Karena start dimulai di tugu pahlawan, parade bunga baru bisa saya lihat sekitar pukul 10.00 di daerah grahadi. Dan pengunjung pada saat itu sudah sangat membeludak memenuhi sepanjang badan jalan tunjungan,dan gubernur suryo

Antusias pengunjung parade
Meskipun pagi harinya sempat hujan, jam mulai parade cuaca sudah mulai cerah dan mendukung, apalagi siang harinya sangat panas, oleh karena itu jika ingin datang ke acara ini tahun depan jangan lupa pakai sunblock dan bawa payung.

Ada beberapa peserta pawai yang sempat saya jepret yang dari berbagai mobil pawai perwakilan kelompok budaya, pemerintah kota, militer, akademik, dan bisnis. Berikut foto-fotonya :
Perwakilan Pemerintah Kota Surabaya
Perwakilan Kampus ITS
Perwakilan Rumah Bahasa Surabaya
Perwakilan STTAL
Perwakilan Bank Jatim
Perwakilan Dinas Pertanian

Perwakilan Pasar Atom Mall


Perwakilan Bank Mandiri
Ada juga pertunjukan drum band dari TNI, barong sai, dan tarian tradisional,




Tarian Reog Ponorogo
Barongsai
 Tidak hanya warga surabaya saja yang ikut meramaikan parade ini, ada juga dari suku papua dan perwakilan warga negara India dalam festival ini


Itulah beberapa foto-foto dari saya, sebetulnya masih banyak lagi peserta yang jumlahnya sekitar 100 kontingen. Review saya untuk acara ini : 

acara sangat bagus dan keren sekali kota kelahiran dan tempat tinggal saya, Surabaya sudah punya festival sebesar ini mirip dengan festival di disney atau negara luar. tidak hanya, peminat dan pengunjung yang sangat banyak, peserta tiap tahunnya semakin bertambah. Atraksi terkeren menurut saya adalah drumband dari kesatuan TNI. 

Meskipun sudah sangat lancar acara berlangsung, masih ada beberapa yang harus dibenahi oleh panitia penyelenggara acara ini, yakni ketersediaan pembatas jalan dan penonton saat parade berlangsung terutama di sepanjang jalan depan grahadi hingga balai kota, banyak penonton yang terlalu antusias sampai maju ke badan jalan dan mengakibatkan tersendatnya peserta pawai untuk lewat. Mengingat warga negara tercinta ini masih susah akan sadarnaya kebersihan, sehingga setelah acara selesai sampah berserakan dimana-mana oleh karena itu perlu diperbanyak tempat pembuangan sampah.

Untuk tips dari saya, jika ingin melihat parade ini tahun depan harus mempersiapkan sunblock, payung, dan makanan yang cukup terutama air minum. Karena acara akan berjalan sangat lama dan cuaca siang hari di Surabaya luar biasa panasnya. Datang lebih awal kalau bisa pagi hari, jika ingin mendapatkan spot pemandangan yang baik. Dan yang terakhir adalah lebih baik datang menonton di daerah dekat start dimulainya parade karena masih pagi (selesai nya tidak terlalu siang) dan pengunjung tidak sebanyak yang datang di daerah finish. 

Itu saja dari saya, dan SELAMAT ULANG TAHUN kota Surabaya yang ke 723 

0 komentar:

Posting Komentar